19 Desember 2019

Bekicot, Bercita Rasa Lezat dan Punya Khasiat Luar Biasa


Hewan bekicot – atau biasa disebut siput –selama ini sering dianggap sebagai hama. Hal ini memang dapat dimaklumi, karena bekicot bisa merusak tanaman, selain itu pertumbuhan bekicot pun tidak terkontrol. Populasi bekicot yang sangat banyak, membuat hewan kecil yang satu ini menjadi hama.

Nama latin bekicot adalah Achatina Fulica, bekicot masuk ke dalam genus Achatina, yang merupakan bagian dari filum Mollusca dan merupakan genus Gastrophoda. Bekicot pada awalnya berasal dari daratan Afrika, yang kemudian tersebar ke seluruh dunia karena terbawa dalam proses perdagangan.


Manfaat daging bekicot mungkin menjadi perdebatan,karena memang tidak lazim di makan. Bekicot sering juga disebut keong ataupun tutut, meski secara fisik berbeda bentuk namun sama-sama berasal dari keluarga moluska dan memiliki cangkang sebagai tempat tinggal mereka.

Dilansir dari laman manfaat co id, beberapa peneliti menyebutkan bahwa pada 100gr daging bekicot, mengandung 12gr protein hewani dan 1% kadar lemak. Sehingga cocok sebagai alternatif dari daging merah yang biasa kita konsumsi.

Lantas, apa saja manfaat daging bekicot? Mari kita simak 5 Khasiat Daging Bekicot berikut ini:

1.      Baik untuk Perkembangan Otot
Daging bekicot baik untuk perkembangan otot, karena kandungan protein hewani dan kandungan asam amino yang cukup tinggi. Bagi Anda yang hobi fitness, zat ini penting untuk menambah massa otot dan membantu perkembangan otot agar lebih baik. Sehingga kekuatan fisik pun akan menjadi lebih baik lagi.

2.      Menyembuhkan Penyakit Asma
Sebenarnya belum ada penelitian secara ilmiah yang mengatakan bahwa zat yang terdapat pada daging bekicot dapat menyembuhkan penyakit asma. Namun terdapat beberapa kasus dan testimoni dari masyarakat luas mengatakan bahwa daging bekicot dapat membantu proses dalam menyembuhkan penyakit asma. Artinya, dengan mengkonsumsi daging bekicot secara rutin pada penderita asma, maka lama kelamaan gejala asma dari si penderita akan menghilang dan sembuh.

3.      Menyembuhkan Penyakit TBC
Masih dari penyakit yang menyerang bagian pernapasan dan membuat sesak nafas, ternyata daging bekicot juga dapat membantu anda yang terserang penyakit TBC. Secara logika, apabila bekicot bisa menyembuhkan asma, maka ada benarnya daging bekicot juga dapat membantu penyembuhan penyakit TBC, yang notabene juga menyerang bagian pernapasan.

4.      Menyembuhkan Penyakit Kulit
Di daerah Jawa Timur, bekicot dijadikan hidangan berupa sate bekicot, dengan tambahan bumbu kacang, dan dipercaya dapat menyembuhkan gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya, seperti kudis dan kutu air. Kepercayaan masyarakat tersebut memiliki kekuatan tersendiri, sehingga banyak yang mengaku bahwa setelah mengkonsumsi daging bekicot, penyakit gatal-gatal yang mereka derita bisa hilang.

5.      Meredakan Panas Dalam
Seperti sudah diberitahukan sebelumnya, tutut, saudara dekat dari bekicot juga dikonsumsi dalam bentuk sup yang berkuah banyak. Biasanya kuah dari tutut ini diracik dari rempah-rempah andalan Indonesia, seperti jahe dan kunyit. Mangkonsumsi sup tutut yang berkuah rempah ini ternyata memiliki manfaat tersendiri, yaitu dapat digunakan untuk meredakan panas dalam. Ini disebabkan oleh kandungan rempah dalam sup, ditambah daging tutut akan merasakan sup herbal yang sangat unik dan lezat rasanya.

Itulah beberapa manfaat dari daging bekicot. Walaupun masih banyak manfaat bekicot yang belum terbukti secara ilmiah, namun banyaknya pengakuan dari masyarakat tentang khasiat daging bekicot membuat bekicot tetap dipercaya sebagai bagian dari pengobatan alternatif.

Nah, apakah Anda tertarik untuk mencoba mencicipi daging bekicot?

***