16 Desember 2019

Tak Perlu Takut, Teknologi Justru Membuat Hidup Lebih Mudah

Tak bisa dimungkiri, teknologi telah mengubah dunia dan kehidupan pribadi kita dalam berbagai perspektif, dan itu hampir tak terhitung jumlahnya. Meskipun di sisi lain masih banyak yang khawatir jika suatu saat kehidupan kita dikuasai oleh robot.

Oleh karena itu, ada baiknya kita mengenali beberapa teknologi yang didedikasikan semata-mata untuk membuat hidup lebih mudah dan lebih aman, seperti yang dilansir media online LifeHack. Apa saja itu?


1. Peningkatan pelayanan kesehatan
Teknologi dan layanan kesehatan berjalan lebih baik, dan ini diperkuat fakta bahwa dunia teknologi telah meningkatkan kesehatan sedemikian rupa, dengan perubahan positif yang begitu banyak. Yang paling mutahir, pasien sekarang dapat melaporkan data jarak jauh ke dokter mereka, dan mereka juga dapat mengawasi kondisi medis lebih dekat.



2. Pembayaran online yang lebih aman

Hampir setiap hari kita mendengar tentang maraknya pencurian identitas dan kejahatan dunia maya, tetapi ada banyak cara bagi pengguna Internet untuk melindungi diri mereka sendiri. Artinya teknologi selalu berkembang. Setiap ada kelemahan, selalu ditemukan penangkal barunya. Misalnya, aplikasi sudah bisa menyimpan data kartu kredit dan informasi pribadi lainnya dalam satu sumber daya aman. dan dapat melakukan mvalidasi proses melalui sidik jari.



3. Berbelanja online

Sudah menjadi rahasia umum, saat ini banyak toko menawarkan belanja online dan penjemputan di tepi jalan. Ini tidak hanya praktis, tetapi juga memberikan bantuan besar bagi orang-orang yang sibuk. Untuk membuat hal yang lebih baik, teknologi membantu toko menyimpan log dari setiap pembelian di akun pengguna sehingga mereka dapat dengan mudah mengulangi pesanan dengan satu klik.



4. Munculnya kota pintar

Jika Anda khawatir tentang menjadi ramah lingkungan, namun juga ingin merangkul teknologi, kota pintar mungkin menjadi pilihan yang sempurna untuk langkah selanjutnya. Kota-kota ini dirancang untuk memanfaatkan pengetahuan teknologi untuk mengurangi konsumsi sumber daya alam setiap gedung. Melihat data utama tentang penggunaan air dan konsumsi listrik pada satu dasbor yang dipasang di rumah atau kantor.



5. Kurangi sumber daya terbuang

Internet memungkinkan untuk menemukan hampir semua hal yang dapat Anda pikirkan. Bahkan lebih baik, sebagian besar barang dan layanan ini dapat disewa atau dibeli digunakan. Ini adalah cara terbaik untuk menghemat uang.  Dengan teknologi Anda dapat menemukan segala sesuatu, yang menjadikan ini sangat baik menggunakan teknologi modern.



6. Latihan insentif

Perusahaan yang inovatif telah mengakui perlunya menawarkan insentif olahraga yang teratur untuk membantu karyawan mereka. Akibatnya, teknologi terus menemukan cara baru untuk memberi orang dorongan yang sangat dibutuhkan. Salah satu contoh terbaru terbaik adalah permainan augmented reality Pokemon Go. Aplikasi populer ini memberikan penghargaan kepada pemain untuk berjalan, dan ini telah membuat orang berjalan sejauh enam mil per hari untuk mencari Pokemon baru dan langka.



7. Peluang telekomunikasi

Berkat Internet berkecepatan tinggi, laptop, ponsel cerdas, dan perangkat lunak manajemen proyek, 45 persen karyawan AS sekarang dapat melakukan telekomunikasi dari waktu tersebut. Alih-alih mengemudi melalui lalu lintas jam sibuk dan tiba di kantor lelah, para pekerja ini dapat meminimalkan stres mereka, meningkatkan produktivitas mereka dan bekerja di rumah dengan nyaman di piyama atau celana jeans favorit mereka.



8. Menyatukan keluarga

Situs jejaring sosial memberi orang-orang dari seluruh dunia cara termudah untuk tetap terhubung. Menariknya, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menggunakan Facebook secara teratur memiliki peningkatan 10 persen dalam kedekatan koneksi mereka dengan keluarga dan teman. Ini membuktikan potensi positif teknologi untuk menyatukan orang. Anggota keluarga yang tersebar di seluruh dunia dapat bergabung dalam pertemuan keluarga melalui video call. 

***