13 Desember 2019

Masuk Angin Karena Kehujanan? Ini Ramuan Untuk Mengatasi!


Mungkin tidak hanya di ibukota Jakarta, saat ini hampir tiap hari hujan turun.  Seperti tak kenal waktu, mulai dari pagi, siang, sore, hingga malam hari. Dan ini masih ditambah dengan cuaca berangin yang tak beraturan, yang bisa jadi menyulitkan bagi kita semua.

Bahkan, bagi sebagian kalangan yang punya mobilitas pekerjaan tinggi, terutama yang mengandalkan motor atau ojek sebagai alat transportasi, akan menjadi masalah sendiri bagi kesehatannya. Yaitu gampang terserang masuk angin.




Memang, istilah masuk angin sebenarnya tidak dikenal dalam dunia medis, namun banyak dialami orang Indonesia. Gejala masuk angin yang berupa perut kembung, pegal-pegal, demam, flu, dan sebagainya sering terjadi saat udara dingin seperti sekarang.




Nah, seperti dilansir laman Parenting Orami, salah satu cara untuk mengatasi masuk angin, bisa mencoba wedang jahe sebagai obat masuk angin alami. Caranya cukup sederhana:



Bahan: 1 batang serai cuci dengan air matang dan memarkan, 3-5 cm jahe cuci dengan air matang (dikupas dan parut), 300 ml air panas, pemanis (bisa gula jawa/madu/gula pasir/gula batu) secukupnya.



Cara membuat: Campur semua bahan dalam gelas dan aduk rata. Diamkan beberapa saat, lalu minum hangat-hangat.



Jangan merasa bingung, memang resep wedang jahe ini cukup diseduh, tidak perlu direbus. Khasiatnya, setelah meminum ramuan alami ini, dijamin tubuh terasa lebih enak dan hangat.



Oh iya, selain diparut, jahenya juga bisa dibakar dan digeprek, tetapi saring dulu sebelum dinikmati. Selamat mencoba!
***