24 Desember 2008

Web Universitas Indonesia, Kembali ke Domain Lokal

Hari ini aku dapat email yang menurutku lumayan istimewa – maksudku, perlu mendapat apresiasi tersendiri – karena datangnya dari Head of Informastion Systems Development and Service of the University of Indonesia, Riri Fitri Sari.

Isinya, memang hanya sekedar pemberitahuan bahwa sejak Agustus 2008 website Universitas Indonesia kembali ke domain lokal (dot id), dari semula www.ui.edu menjadi www.ui.ac.id. Dan kalau tidak salah, dulunya Universitas Indonesia memang pernah memakai domain ac.id sebelum beralih ke ui.edu.


Istimewanya dimana? Ya itu tadi, upaya dari institusi UI untuk memberitahu perubahan web domain ke semua web dan blog yang memuat link-nya. Bisa dibayangkan, di seluruh dunia ini, ada berapa web dan blog yang memuatnya. Dan itu, nampaknya satu demi satu di kirimi email yang sama. Buktinya, blog-ku yang belum ada apa-apanya saja – dan memang kebetulan ada beberapa tulisan yang nge-link ke web UI – tetap diperlakukan sama (mendapat email).

Artinya, sudah tidak diragukan lagi institusi perguruan tinggi ternama seperti UI, memperlakukan teknologi informasi sebagai bagian dari relationship, demi terjaganya hubungan baik terhadap siapapun yang respect ke lembaganya. Inilah alasan yang membuat aku langsung menuliskannya di blog ini.


Berikut petikan email yang aku terima itu:


To: Websites administrator.
Re: Replacement of domain www.ui.edu to www.ui.ac.id

Dear Sir, Greetings from the university of Indonesia. I would like to inform you that from August 2008, the University of Indonesia (Universitas Indonesia) has changed its web domain and returned to www.ui.ac.id , based on the consideration that we use Indonesia (id) domain.

We notice that in your web you have a link to our domain and would be very grateful if you could change the link in your web to www.ui.ac.id to point to our university.

We appreciate you eagerness to collaborate with us, and look forward for further collaborative work with University of Indonesia’s member.

Yours Sincerely
Riri Fitri Sari
CIO/ Head of Information Systems Development and services of the University of Indonesia




follow